cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
ISSN : 23377895     EISSN : 24610550     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan publishes and disseminates research results in the field of educational administration/management, consisting of: - educational leadership - educational policy and planning - educational economics - educational politics
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2014)" : 11 Documents clear
KEEFEKTIFAN MANAJEMEN KELOMPOK KERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK GUGUS I TK KECAMATAN MANGUHARJO KOTA MADIUN Alisa Alfina; Farida Hanum
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.524 KB) | DOI: 10.21831/amp.v2i1.2405

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan manajemen KKG TK Gugus I TK Kecamatan Manguharjo Kota Madiun yang meliputi: 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, dan 4) pengontrolan. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah Center for the Study of Evaluation (CSE) dan University of California in Los Angeles (UCLA). Hasil Penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) perencanaan KKG TK selama ini tidak efektif, 2) pengorganisasian di KKG TK tidak efektif, 3) pelaksanaan kegiatan KKG TK tidak efektif, dan 4) Pengontrolan kegiatan di KKG TK tidak efektif. Yang menjadi kendala terbesar dari ketidak efektifan manajemen KKG TK Gugus I Kecamatan Manguharjo Kota Madiun adalah kemampuan  sumber daya manusia, pemahaman tentang pentingnya KKG, dan biaya dalam pelaksanaan KKG TK.Kata kunci: Manajemen KKG TK, Keefektifan manajemen pendidikan, Kelompok Kerja Guru Taman kanak-kanak.
KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI KOORDINATOR WILAYAH SLEMAN TENGAH Endang Purwanti; Anik Ghufron
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.45 KB) | DOI: 10.21831/amp.v2i1.2406

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: (1) kemampuan guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri Koordinator Wilayah Sleman Tengah dalam melaksanakan pembelajaran (2) faktor penghambat dan pendukung guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri Koordinator Wilayah Sleman Tengah dalam melaksanakan pembelajaran secara profesional. Metode penelitian mengguna-kan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian guru Pendidikan Kewarganegaraan 5, Kepala Sekolah 3, guru mata pelajaran lain 9, siswa 6 serta pengawas 1. Teknik pengumpulan data: pengamatan parti-sipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model kualitatif-interaktif. Hasil penelitian: (1) kemampuan guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri Koor-dinator Wilayah Sleman Tengah dalam pembelajaran kurang. Penyusunan RPP belum serius. Pelaksa-naan pembelajaran didasarkan kebiasaan guru mengajar. Guru belum berperan sebagai pendidik, inovator, dan teladan. Penilaian berbentuk ulangan harian, ujian mid semester dan ujian semesteran, belum mengembangkan instrumen penilaian. (2) Hambatan internal terbatasnya wawasan materi PKn, lemahnya motivasi mempelajari bahan ajar, komitmen belum kuat, terbatasnya pengalaman mengikuti forum ilmiah. Hambatan eksternal terbatasnya media pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran kurang menarik ditampilkan di kelas. Keterbatan di sekolah adalah sumber bahan ajar.Kata kunci; kemampuan guru, mata pelajaran PKN, pembelajaran
PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH DI SDN KWAYUHAN, KECAMATAN MINGGIR, SLEMAN Haryani Diyati; Muhyadi Muhyadi
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.507 KB) | DOI: 10.21831/amp.v2i1.2407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  (1) peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan budaya sekolah, (2) budaya yang berkembang di SDN Kwayuhan, dan (3) keefektifan budaya sekolah dalam usaha meningkatkan prestasi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah. Responden yang digunakan meliputi: guru, siswa, karyawan sekolah, ketua komite sekolah, dan Kepala UPT Pelayanan Pendidikan TK/SD Kecamatan Minggir. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, pengamatan dan dokumentasi. Kredibilitas data diperoleh dengan cara pengamatan terus menerus selama tiga bulan, untuk klarifikasi dan pengecekan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data adalah analisis interaktif. Prosedur penelitian meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dicapai dengan: (1) usaha menggerakkan warga sekolah dalam penyusunan kurikulum yang menjadi dasar dalam mengembangkan pendidikan, (2) menumbuhkan hubungan yang harmonis semua warga sekolah, (3) menciptakan kekompakan tim kerja, (4) menjaga komitmen warga sekolah, dan (5) melaksanakan supervisi klinis. Kata kunci: kepemimpinan, budaya sekolah, prestasi sekolah
MANAJEMEN KELAS YANG EFEKTIF: PENELITIAN DI TIGA SEKOLAH MENENGAH ATAS Junita W. Arfani; Sugiyono Sugiyono
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.406 KB) | DOI: 10.21831/amp.v2i1.2408

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian manajemen kelas 9 guru di tiga sekolah menengah atas di Yogyakarta dengan tujuan mengetahui pemahaman teoretik, manajemen kelas yang efektif dan pelaksanaannya, upaya serta hambatan yang dihadapi para guru tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif fenomenologis. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil studi menunjukkan pemahaman teoretik para guru didominasi oleh perspektif Skinnerian. Keefektifan manajemen kelas diukur dengan standar yang ditetapkan oleh guru, partisipasi siswa menjadi minimal. Perspektif  Rogerian tampak dijalankan dan mendukung keefektifan kelas, namun tidak terlalu mendominasi. Manajemen kelas yang efektif dicapai apabila tiga unsur substantif -pengelolaan perilaku, lingkungan dan pengelolaan kurikulum dan instruksional- dijalankan dengan baik. Pengelolaan perilaku dan lingkungan lebih berperan penting ketimbang pengelolaan kurikulum dan instruksional. Upaya yang dilakukan para guru adalah penggunaan bahasa non-verbal, membangun hubungan personal dengan siswa, mengembangkan hubungan melalui media sosial dan mengubah lay out kelas. Penggunaan multi media menjadi faktor penghambat keefektifan  manajemen kelas.Kata kunci: manajemen kelas yang efektif, perspektif Rogerian, pemahaman teoretik guru, pengelolaan perilaku dan lingkungan
MODEL PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DI SMAN 1 BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL DIY Lantip Diat Prasojo; Udik Budi Wibowo
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.462 KB) | DOI: 10.21831/amp.v2i1.2409

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada studi awal peneliti yang menemukan permasalahan yang terkait dengan minimnya model pengelolaan pembelajaran berbasis web pada SMAN 1 Bambanglipuro Kabupaten Bantul DIY. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, maka peneliti bermaksud mengadakan penelitian untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran berbasis web pada SMAN 1 Bambanglipuro Kabupaten Bantul DIY. Tujuan penelitian ini adalah memformulasikan model pembelajaran berbasis web dan multimedia dalam proses pembelajaran pada SMAN 1 Bambanglipuro Kabupaten Bantul DIY. Penelitian  ini ingin mengembangkan model pengelolaan pembelajaran berbasis web di SMAN 1 Bambanglipuro Kabupaten Bantul DIY sebagai usaha untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang efektif dan efisien. Adapun metode penelitian ini adalah research and development (R D). Hasil penelitian ini adalah 1) Adanya dukungan kebijakan dari Kepala SMAN 1 Bambanglipuro Kabupaten Bantul dalam mewujudkan perbelajaran berbasis web. 2) Model pengelolaan pembelajaran berbasis di SMAN 1 Bambanglipuro Kabupaten Bantul yang berupa Software E-learning.Kata kunci: Pengelolaan, Pembelajaran, web
KOMPONEN BIAYA DAN BIAYA SATUAN OPERASI PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI 3 TAMAN KANAK-KANAK) Novy Chrystiana; Moch Alip
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.126 KB) | DOI: 10.21831/amp.v2i1.2410

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen biaya serta biaya satuan operasi pendidikan (BSOP) taman kanak-kanak (TK) di Depok, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, data diambil purposive dari tiga TK di Depok, Sleman, Yogyakarta berdasarkan pertimbangan besarnya SPP dan program TK (half-day/ful-day). Dua TK yaitu A dan B adalah half-day dengan SPP dibawah Rp400.000,00 sedangkan C adalah TK full-day dengan SPP diatas Rp400.000,00. Pengumpulan data melalui deep interview dan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah komponen biaya pada pendidikan TK: (1) biaya operasi personel berupa biaya gaji; (2) biaya operasi non personel berupa biaya (a) proses pendidikan, (b) kelembagaan, (c) administrasi sekolah, (d) komite sekolah, dan (e) perawatan dan perbaikan ringan. BSOP di TK half-day adalah Rp1.270.038,00/tahun/siswa dan Rp1.454.389,00/tahun/siswa, sedangkan BSOP di TK full-day adalah Rp10.466.134,00/ tahun/siswa. BSOP akan meningkat sejalan dengan (1) period time dan (2) rasio guru - siswa.Kata kunci: taman kanak-kanak, komponen biaya, biaya satuan pendidikan
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN BULA KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR-MALUKU Nurhayati Suwakul; Suwarjo Suwarjo
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.147 KB) | DOI: 10.21831/amp.v2i1.2411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran tematik pada sekolah dasar negeri di Kabupaten Seram Bagian Timur yaitu SDN 1, 2 dan 3 Bula khususnya pada kelas III. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang mengungkapkan fenomena yang terjadi secara apa adanya dan berusaha memaparkan data terkait bagaimana pemahaman pengelola sekolah terhadap penerapan pembelajaran tematik. Adapun hasil dari penelitian ini meliputi perencanaan, setiap guru kelas sudah memiliki perangkat pembelajaran berupa silabus dan RPP tematik. Pelaksanaan, secara perencanaan guru sudah memiliki perangkat pembelajaran tematik, tetapi pada aspek pelaksanaan tidak secara tematik/per mata pelajaran. Penilaian, proses penilaian meliputi ulangan harian (UH) 1 s/d 3 disusul dengan ulangan tengah semester (UTS) dan ulangan akhir semester (UAS). Dalam pengelolaan pembelajaran tematik ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya guru pada setiap sekolah belum dibekali pelatihan terkait pengelolaan pembelajaran tematik, minim sarana pembelajaran dan jumlah siswa pada setiap kelas diatas 30 orang siswa sehinggan guru sulit dalam melakukan pengelolaan kelas.Kata kunci: Pengelolaan pembelajaran tematik
PENERAPAN MANAJEMEN KONFLIK BERBASIS SEKOLAH STUDI KASUS DI DUA SEKOLAH Siti Nurnisa Dewanta; Udik Budi Wibowo
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.344 KB) | DOI: 10.21831/amp.v2i1.2412

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) mengenali bentuk konflik di sekolah, (2) mengetahui bagaimana sekolah mengelola konflik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik dalam pengumpulan data: menggunakan penelusuran dokumen, arsip, wawancara, dan observasi partisipan. Wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru-guru, peserta didik, dan alumni. Pengamatan langsung dilakukan untuk mendalami manajemen konflik di setiap sekolah. Hasil penelitian: (1) konflik yang terjadi diantara para peserta didik, individu atau kelompok bisa berwujud bullying, perkelahian atau tawuran. (2) konflik yang terjadi antara peserta didik disebabkan perbedaan persepsi, tujuan dan ketergantungan antara mereka. (3) konflik antara peserta didik - guru berwujud sikap tidak sopan, mengabaikan pelajaran, ancaman fisik terhadap guru. (4) konflik antara guru - peserta didik, karena ketidaksiapan guru menerima sikap kritis, serta ketidaksamaan persepsi dan tujuan. (5) kekolah menyelesaikan konflik dengan cara: mendatangkan tokoh, menciptakan konflik baru, penerapan progam-program sekolah untuk membangun komitmen, komunikasi yang terbuka dan keakraban satu sama lain. (6) untuk menyelesaikan konflik, guru harus membangun komunikasi keakraban dengan peserta didik, memudahkan penyelesaian konflik diantara mereka. Kata kunci: konflik, resolusi konflik, manajemen konflik berbasis sekolah
MANAJEMEN PEMBELAJARAN S1 KEPERAWATAN STIKES YOGYAKARTA Teti Indriati Kastuti; Lantip Diat Prasojo
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.721 KB) | DOI: 10.21831/amp.v2i1.2413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran dilihat dari segi pe-rencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di S1 Keperawatan STIKES Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Pembantu Ketua I, III, dosen, kepala bagain akademik, perpustakaan, laboratorium, dan mahasiswa. Data peneli-tian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian bahwa perencanaan pembelajaran: 1) rumusan kompetensi pendukung dan lainnya tidak terjabarkan dalam elemen kompetensi; 2) proses pembelajaran memerlukan team teaching. Pelaksanaan pembelajaran: 1) pembinaan motivasi belajar mahasiswa masih ada dosen yang mengajar berdasarkan mood; 2) bahan ajar dimanfaatkan dengan baik untuk mencapai tujuan instruksional pembelajaran; 3) bimbing-an dan konseling pada saat pengisian KRS; 4) masih ada dosen yang mengganti jadwal. Evaluasi pembelajaran: 1) penamaan mata kuliah IKD 1 dan 2, yang menunjukkan prerequisite, kenyataannya tidak berhubungan; 2) evaluasi dosen  sebatas pelaksanaan administratif.Kata kunci: manajemen, kurikulum, pembelajaran, keperawatan
IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SD KANISIUS SENGKAN KABUPATEN SLEMAN Tukiman Tukiman; Cepi S. Abdul Jabar
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.086 KB) | DOI: 10.21831/amp.v2i1.2414

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah SD Kanisius Sengkan, Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode kajian dokumen, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis model interaktif dari Miles dan Huberman yang meliputi empat tahap analisis yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah SD Kanisius Sengkan mampu menciptakan perubahan dan membawa SD Kanisius mencapai prestasi yang baik. Kepala sekolah menjadi tokoh panutan yang dihormati, dihargai, dan dipercaya. Kepala sekolah mampu membangun semangat kebersamaan dan kedisiplinan serta memotivasi para guru dan karyawan untuk bekerja secara optimal. Kepala sekolah berani melakukan perubahan melalui tindakan-tindakan yang kreatif dan inovatif. Akhirnya kepala sekolah mampu membangun kesadaran berorganisasi pada para guru dan karyawan dengan mengembangkan sikap rasa memiliki dan rasa bertanggung jawab untuk meraih prestasi setinggi-tingginya.Kata kunci: kepala sekolah, kepemimpian transformasional, mutu sekolah.

Page 1 of 2 | Total Record : 11